7 Hal Tentang Lampu LED Motor Perlu Diketahui

Lampu LED Motor – Setiap tahunnya, teknologi di dunia semakin berkembang. Tidak terkecuali pada industri sepeda motor, karena setiap tahun industri ini dapat menghadirkan inovasi-inovasi terbarunya. Salah satu contohnya adalah teknologi lampu pada sepeda motor. Jika dahulu lampu pada kendaraan kendaraan menggunakan lampu berjenis bohlam, sekarang telah digantikan oleh adanya teknologi lampu LED. Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai lampu LED motor.

7 Hal Memilih Lampu Led Motor Supaya Aman di Jalan Malam Hari

1. Lebih Hemat Daya

Lampu LED terkenal karena kehebatannya dalam minimnya konsumsi daya, meskipun cahaya dapat dihasilkan lebih terang dari lampu lainnya. Mengingat sekarang telah diadakan aturan menyalakan lampu kendaraan pada siang hari, manfaat dari kehebatan lampu LED dalam hal hemat daya semakin terasa. Hal ini membuat energi dari aki sepeda motor dapat lebih bertahan lama dibandingkan lampu bohlam.

2. Lebih Mahal Daripada Lampu Lain

Meskipun lampu LED harganya bisa dibilang lebih mahal dari lampu bohlam atau halogen, nyatanya hal tersebut sebanding dengan penerimaan manfaat dari lampu ini. Lampu LED memiliki teknologi lebih terbaru daripada lampu lainnya, sehingga harganya tentu akan lebih mahal. Beberapa keunggulan bisa didapatkan dengan membeli lampu LED yaitu, daya tahan lebih lama, tahan panas, hemat daya, dan lain-lain.

3. Banyak Variasi

Seiring berjalannya waktu, lampu LED semakin hari semakin berkembang dan melahirkan inovasi-inovasi terbaru. Sehingga sampai kini lampu LED sudah memiliki beberapa macam dengan peredaran di pasaran, bahkan beberapa jenis memiliki warna lampu mencolok dan menarik perhatian.  Pemilik motor tentu harus pandai dalam mencocokan lampu LED dengan spesifikasi untuk motornya.

4. Perbaikan Rumit

Hal kelima mengenai lampu LED motor selanjutnya adalah, Perbaikan atas kerusakannya terbilang cukup rumit. Disebut demikian karena jika suatu kejadian salah satu lampu LED pada sepeda motor rusak, maka lampu LED tersebut perlu diganti satu set dan tidak dapat diganti hanya satu LED saja. Selain itu pemasangannya juga lebih rumit karena, diperlukannya adaptor DC dalam pemasangannya.

5. Tidak panas

Lampu LED pada motor tidak terlalu panas seperti lampu halogen ataupun bohlam, karena panas merupakan musuh dari ketahanan lampu LED tersebut. Karena jika semakin sering terkena panas, maka lampu LED akan semakin cepat berkurang umurnya. Sehingga lampu jenis ini perlu dijauhkan dari panas, dengan cara menambahkan sistem pembuangan panas pada lampu LED.

6. Tingkat Kecerahan

Lampu LED memiliki tingkat kecerahan lebih tinggi dari lampu lainnya. Hal ini diakibatkan dari dihasilkannya warna cahaya putih oleh lampu LED , tidak kekuningan seperti halogen. Suhu pada lampu ini juga relatif rendah dikarenakan tidak terdapat proses pembakaran seperti terjadi pada lampu berjenis halogen.

7. Menyilaukan

Salah satu keunggulan lampu LED adalah kecerahannya sangat baik. Namun, keunggulannya tersebut juga dapat menjadi salah satu kelemahan jika dipasang pada kendaraan bermotor karena dapat menyilaukan. Sinarnya memiliki warna putih dapat menyilaukan pengendara lain ketika melihatnya sehingga rentan dalam mengakibatkan kecelakaan akibat terganggunya ketertiban jalanan.

Nah, itu tadi beberapa hal menarik mengenai lampu LED motor dan sebaiknya perlu untuk diketahui pengendara motor. Terdapat kekurangan dan juga kelebihan dari lampu berjenis LED, sebagai pengguna kendaraan, sebaiknya perlu memiliki wawasan tentang jenis lampu, apa kelebihan dan kekurangannya. Sehingga pengetahuannya dapat diaplikasikan di jalanan untuk menjaga ketertiban berlalu lintas.7

Baca Juga :  3 Modifikasi Lampu Motor Paling Keren 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.